DPRD Kotim : Musrenbang Corong Aspirasi Publik

Ketua Fraksi Partai Demokrat, Parimus

SAMPIT- RAKYATKALTENG – Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Parimus menyebutkan kegiatan musyawarah rencana pembangunan yang dilaksanakan ditingkat kecamatan merupakan program neksekutif. Disitu salah satu pintu masuk untuk menjaring aspirasi pembangunan. Sementara DPRD memiliki agenda reses yang juga memiliki output sama untuk menghasilkan program pembangunan yang tertuang dalam program pemerintah daerah selanjutnya.

”Pintu masuk penjaringan aspirasi dewan itu ada di reses dan juga kalau eksekutif itu ya musrenbang berjenjang ini. Tetapi kami hadiri di kegiatan ini untuk langsung ikut menyaksikan apa yang menjadi topik dan bahasan dalam musrenbang ditingkat kecamatan ini,”kata dia, Selasa (7/4/2023)

Menurut Parimus, musrenbang ini merupakan agenda tahunan penting untuk mengkoordinasi dan mengkompilasi seluruh rencana dan usulan masyarakat di daerah itu sehingga men jadi sebuah rencana yang akan dibawa dalam forum pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Dimana RKPD ini nantinya akan jadi acuan dalam dalam penyusunan KUA PPAS yang juga bagian dari Rencana Kerja Anggaran (RKA) Tahun 2024 mendatang.

Menurutnya, nanti hasil musrenbang itu akan di sinkronisasikan dengan hasil reses mereka sehingga menjadi sebuah program yang berkesinambungan. Namun, DPRD biasanya akan dituangkan dalam program pokok pikiran dewan.

“Kalau di DPRD ada namanya pokir yang dijadikan sebagai wadah untuk menuangkan hasil program dan aspirasi dan nantinya akan dijabarkan lebih jauh melalui perda APBD, “katanya.

Parimus berharap sinkronisasi antara hasil musrenbang dan reses ini akan bermuara kepada kepentingan masyarakat banyak. Dimana aspirasi pembangunan akan dituangkan dan dilaksanakan melalui perda APBD Kotim selanjutnya.(AD)

error: Content is protected !!