Pemkab Kotim Diminta Perkuat Sektor Pertanian

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kotim, Syahbana

SAMPIT, RAKYATKALTENG.COM-Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Syahbana sepakat dengan upaya pemerintah daerah kedepannya untuk memperkuat sektor usaha pertanian, perkebunan, p[eternakan dan perikanan. Melalui hal itu dianggap mampu untuk mempercapat perbaikan kondisi ekonomi masyarakat dan ekonomi di daerah secara umum.

“Fomusliasi penguatan ekonomi yang paling tepat itu dimulai dari optimalisasi sekaligus pemberdayaan dari pemerintah daerah untuk usaha pertanian, perkebunan rakyat, peternakan, perikanan, hingga kepada pemasarannya, dengan begitu saya anggap bisa berjalan dengan cepat untuk bangkit dari keterpurukan akibat pasca pandemic Covid-19 lalu,”kata Syahbana, Jumat (5/5/2023)

Dari catatannya hampir separo penduduk Kotim ini berkutat dengan usaha di bidang tersebut. Misalkan dibidang perkebunan kelapa sawit ada banyak petani sawit terdaftar di Kotim.

Jumlahnya tidak kurang dari 5000 orang. Sementara itu juga di bidang perkebunan karet dan rotan ini jumlahnya diperkirakan sekitar 50 ribu orang yang bergantung disektor itu.

“Di Kecamatan Cempaga, Cempaga Hulu, Kota Besi, hingga kearah Parenggean dan pelosok masih banyak saudara kita bekerja dan bertahan disektor usaha rotan dan karet. Makanya dengan sector usaha mereka terperhatikan hingga kepada pemasarannya maka saya yakin ekonomi kita akan cepat naiknya,”kata Syahbana.

Begitu juga untuk pertanian, di wilayah selatan dan tengah banyak bergelut dengan usaha itu. Potensi yang luar biasa kini terus dikembangkan masyarakat untuk bertahan hidup. (AD)

error: Content is protected !!