Ada Warga Positif Covid-19, Tim PPKM Lakukan Tracking

TRACKING : Tim PPKM saat melakukan tracking di Desa Juking Pajang, Kecamatan Murung, Kamis (27/5).

PURUK CAHU, RAKYATKALTENG.COM – Terdapat warga Desa Juking Pajang, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya (Mura) terkonfirmasi positif Covid-19, membuat Tim Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Desa Juking Pajang, mengambil langkah cepat untuk mencegah potensi penularan Virus Corona di wilayah desanya, Kamis (27/5).

Diketahui terdapat dua warga desa tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 dan saat ini sudah dalam perawatan di RSUD Puruk Cahu.

Kepala Desa (Kades) Juking Pajang, Subuhan mengatakan bahwa tracking ini merupakan langkah antisipasi untuk mendata siapa saja yang melakukan kontak erat dengan pasien yang positif kemarin, khususnya keluarga dekatnya.

“Petugas kesehatan didampingi anggota bhabinkamtibmas desa kita bersama sama dengan Tim PPKM lainnya, langsung mengunjungi beberapa keluarga dan memberikan pemahaman kesehatan. Ini untuk mengantisipasi potensi penularan yang lebih banyak lagi,” kata Kades saat dibincangi wartawan di sela-sela kunjungan tracking.

Disamping memberikan pemahaman kepada warga, Tim PPKM juga menyampaikan akan ada jadwal pengambilan Swab Antigen kepada dua keluarga yang terdata.

“Satgas Covid kabupaten dari puskesmas Puruk Cahu direncanakan akan melakukan Swab antigen kepada dua keluarga ini, karena kontak erat sebelum salah satu keluarganya terkonfirmasi positif. Mereka semua bersedia di lakukan Swab,” ungkapnya.

Subuhan juga menambahkan, PPKM desanya akan memberikan paketan sembako kepada dua keluarga ini setelah keluar hasil Swab antigen, agar pihak anggota keluarga ini bisa melakukan isolasi mandiri nantinya.

“Ya nanti akan kita berikan berupa paket sembako dan kebutuhan vitamin C bagi dua keluarga ini,” ujarnya.

Dari data yang diumpulkan pihaknya, bahwa di desanya sudah ada 4 warga yang diantaranya setelah berstatus cuti dari bekerja di perusahaan tambang terkonfirmasi positif covid-19 telah dirawat di RSUD Puruk Cahu. Satu diantaranya meninggal dunia.

Sementara ditempat yang sama, Bhabinkamtibmas Bripka Rodie berharap dengan adanya kasus positif di wilayah desa binaannya ini, dapat memberikan kesadaran bagi seluruh masyarakat agar lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan. Sehingga, bisa terhindar dari penularan virus tersebut.

“Setiap hari kita bagikan masker, dan berikan sosialisasi kepada warga agar lebih disiplin lagi menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *