Legislatif Punya Fungsi Pengawasan, Penganggaran dan Legislasi

Anggota DPRD Kotim Riskom Fabiansyah saat memberikan materi kepada mahasiswa STIH Habaring Hurung.

SAMPIT, RAKYATKALTENG.COM – Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Riskon Fabiansyah menjadi pembicara untuk kegiatan pengenalan kampus STIH Habaring Hurung Sampit.

Dia menjelaskan tentang tugas dan fungsie legislatif kepada kalangan mahasiswa yang melakukan kegiatan di Desa Ganepo, Kecamatan Seranau, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Politisi muda dari Partai Golkar ini mengenalkan fungsi dan tugas dari DPRD dalam tatanan pemerintahan.

Riskon menyebutkan perlunya diberikan pemahaman mengenai tugas dan fungsi DPRD itu kepada kalangan mahasiswa sebab masih ada yang belum memahami secara konseptual mengenai tugas wakil rakyar itu sendiri.

“Karena tugas dan fungsi DPRD itu dalam sistem pemerintahan kita bukan sebagai eksekutor, tetapi lebih kepada pengawasan, penganggaran serta pembuatan produk peraturan perundang-undangan,” katanya, Minggu, 29 Agustus 2021.

Jadi kalangan muda kata dia harus paham apa tugas DPRD dan apa tugas eksekutif dan yudikatif sehingga nantinya ketika dalam menyampaikan pendapat atau sejenisnya tidak salah kaprah.

“Karena ini merupakan pengetahuan dasar yang harus dipahami terutama oleh mahasiswa,” ucapnya.

Riskon juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan yang sudah berjalan lancar dan konsisten tetap mematuhi kegiatn protocol kesehatan tersebut.

Bagi dia mahasiswa merupakan harus menjadi contoh bagi masyarakat banyak. Apalagi mahasiswa merupakan kaum terpelajar sehingga tingkah lakunya merupakan cerminan dari hasil dari kegiatan pendidikan yang ditempuhnya selama ini.

“Saya berpesan jadilah mahasiswa yang bisa membawa diri dan menjadi contoh bagi masyarakat umum, tidak hanya dikampus tetapi juga diluar harus menunjukan sebagaui kaum terdidik dan terpelajar secara akhlak dan karakter,” pungkas. (Rk1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *