Dewan Ingatan Waspadai Penyakit Menular di Musim Penghujan

Wakil Ketua II DPRD Kotim H Hairis Salamad

SAMPIT, RAKYATKALTENG.COM – Meningkatnya curah hujan di Kabupaten Kotawaringin Timur belakangan ini membuat kekhawatiran terhadap dampak penyakit yang ditimbulkan, misal saja diare, Demam Berdarah Dengue (DBD), maupun penyakit menular lainnya.

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotim H Hairis Salamad meminta agar seluruh masyarakat Kabupaten Kotim agar dapat lebih waspada terhadap bahaya penyakit yang bisa saja muncul seketika di musim penghujan ini, dengan mewaspadainya tentu potensi untuk terkena penyakit seperti di diare maupun DBD bisa terhindar.

“Terutama untuk kebersihan makan yang kita makan, serta merapikan lingkungan dari tumpkan sampah yang bisa saja menajdi sarang penyakit atau nyamuk yang berbaya. Ini juga tidak lepas dari peran sert pihak Dinas Kesehatan untuk terus memberikan pengertian kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan,” ungkap Hairis Senin 4 Oktober 2021.

Karena, beberapa hari terkakhir ini, lanjut politikus PAN ini bahwa hujan sering turun dan bisa diperkirakan penyakit menular bisa saja muncul disekitar tempat tinggal, sehingga diminta lebih teliti terhadap makan yang akan dimakan terutama menyakut kebersihannya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, lanjut Hairis lagi, masyarakat diharapkan dapat memperhatikan dan membersihkan saluran-saluran air atau drainase, terutama yang berada disekitar rumah masing-masing.
“Karena memang kebersihan drainase ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau petugas kebersihan saja, akan tetapi tanggung jawab bersama,” jelasnya.

“Karena memang informasi yang kita terima dari masyarakat ada yang terkena diare baru-baru ini, nah ini perlu diantisifasi kita, terutama kepada anak-anak karena penyakit seperti ini tidak bisa disepelakan,” ujarnya lagi. (rk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *