Pemkab Mura Targetkan Dua Ruas Jalan Kolektor Melalui DAK Selesai Tahun Ini

Plt Kepala Dinas PUPR, Paulus Mangint

PURUK CAHU, RAKYATKALTENG – Pemerintah Daerah Murung Raya (Mura) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Mura tidak menyia-nyiakan waktu dan kesempatan atas kepercayaan pihak Pemerintah Pusat melalui Kementerian PU yang telah menggelontorkan dana alokasi khusus (DAK) sebanyak Rp 20,7 miliar untuk pembangunan dan peningkatan jalan kolektor di Tahun Anggaran 2021 ini.

Pembangunan jalan kolektor utama ini antaralain berada di ruas jalan menuju Desa Dirung Bakung Kecamatan Tanah Siang dan ruas jalan AH Nasution di Pusat Kota Puruk Cahu.

Plt Kepala Dinas PUPR, Paulus Manginte yang disampaikan melalui Kepala Bidang Bina Marga Rio Himbawan mengatakan pihaknya sangat mengharapkan dukungan penuh seluruh masyarakat khususnya di sekitar wilayah Desa Dirung Bakung dan Jalan AH Nasution agar pengerjaan dan penyelesaian kedua jalan kolektor ini bisa secepatnya rampung sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Dukungan semua pihak sangat kami perlukan untuk segera menyelesaikan pekerjaan ini yang menggunakan Alokasi DAK yang tidak sedikit ini, dan pastinya manfaat dari jalan ini nantinya mampu membuka keterisolasian masyarakat dan pastinya meningkatkan perekonomian di beberapa desa yang ada di daerah tanah siang dan sekitarnya,” katanya, Selasa (20/4/2021).

Diungkapkannya juga bahwa pada dua ruas jalan ini memakan total anggaran DAK masing masing Rp 7,8 miliar untuk ruas jalan menuju Desa Dirung Bakung sampai pengaspalan, dan Rp 13 miliar untuk ruas jalan AH Nasution.

“Saat ini progres pekerjaan dua ruas jalan ini telah mencapai 10 hingga 30 persen dan dan sampai saat ini berlangsung,” ungkapnya lagi.

Ia juga membeberkan pada jalan AH Nasution ini setelah selesai, kondisi semula yang biasa digenangi air jika debit sungai Barito meluap, dipastikannya tidak akan tergenang lagi sepanjang 2 km, dan ruas jalan menuju Desa Dirung Bakung sepanjang 8 Km akan langsung dilakukan pengaspalan.

“Pekerjaan ini akan terus kita upayakan selesai tepat waktu dan kami berharap dukungan seluruh pihak kedepan untuk kembali mengajukan kepada pihak pemerintah pusat agar penyelesaian beberapa ruas jalan kolektor lainnya dapat segera terakomodir, bagi kesejahteraan masyarakat kita ditengah pandemi Covid-19 saat ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *