Bupati Mura Bersama Anggota DPR RI Resmikan PJUTS Program Kementrian ESDM Untuk 10 Desa

Kegiatan peresmian tersebut secara simbolis dilaksanakan di desa Sungai Bakanon, Kecamatan Permata Intan yang diresmikan oleh Anggota komisi VII DPR RI Willy M. Yoseph dan Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph.

PURUK CAHU, RAKYATKALTENG – Peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) Program Kementerian ESDM Tahun Anggaran 2020 yang terletak di 10 Desa sebanyak 100 unit di Kabupaten Murung Raya. Kegiatan peresmian tersebut secara simbolis dilaksanakan di desa Sungai Bakanon, Kecamatan Permata Intan yang diresmikan oleh Anggota komisi VII DPR RI Willy M. Yoseph dan Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph.

Hadir dalam kegiatan ini Willy M. Yoseph Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalimantan Tengah, Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph, yang mewakili Dandim 1013 Muara Teweh, yang mewakili Kapolres Murung Raya dan stakeholder terkait lainnya, Sabtu (31/7/2021).

Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) ini adalah Program Prioritas Nasional Kementrian ESDM dalam rangka pemenuhan dan pemerataan akses energi bagi seluruh Wilayah Republik Indonesia.

Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kementrian ESDM yang telah memberikan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) bagi masyarakat sampai kepelosok desa terjauh termasuk ke pedalaman Kabupaten Murung Raya.

“Pada kesempatan yang baik ini, tentunya kami berterima kasih kepada pihak Kementrian ESDM RI dan Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalteng Bapak Willy M Yoseph, melalui Program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM RI) Tahun 2020 yang telah memberikan bantuan lampu jalan atau dikenal juga sebagai Penerangan Jalan Umum (PJU) yang digunakan dan bermanfaat sebagai penerangan jalan yang akan dilalui pada malam hari sehingga dapat meningkatkan keselamatan, keamanan dan kenyamanan saat berlalulintas,” tuturnya.

Sementara itu Willy M. Yoseph Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalteng menyampaikan, ini suatu langkah yang sangat inovatif sesuai komitmen Kementrian ESDM yaitu “Energi Berkeadilan” dalam tantangan pemenuhan kebutuhan energi dengan memanfaatkan energi baru terbarukan dan juga penggunaan teknologi efesien dalam upaya konservasi energi untuk meningkatkan ketahanan energi.

“Semoga Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya dapat berfungsi dan bermanfaat dengan baik dalam rangka pemenuhan dan pemerataan akses energi bagi kepentingan seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Murung Raya,” ucapnya.

Saat ini Kabupaten Murung Raya telah mendapat bantuan PJUTS sebanyak 100 Unit yang telah terpasang di 10 desa di Kabupaten Murung Raya antara lain yaitu desa Tumbang Salio, desa Sungai Bakanon, desa Sungai Batang, desa Sungai Gula Kecamatan Permata Intan, Kelurahan Tumbang Kunyi, desa Batu Makap, desa Olong Liko, desa Teluk Jolo Kecamatan Sumber Barito, desa Muara Joloi I dan desa Muara Joloi II Kecamatan Seribu Riam.

Sedangkan untuk Tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Murung Raya mendapatkan bantuan PJUTS melalui Program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM RI) sebanyak 50 Unit dan realisasinya akan di bangun di desa Dirung Lingkin, desa Datah Kotou, desa Tahujan Ontu Kecamatan Tanah Siang Selatan. (yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *