Legislator Kotim Ingatkan Masyarakat Jangan Bakar Lahan Sembarangan

Ketua komisi III DPRD Kotim, Sanidin

SAMPIT, RAKYATKALTENG.com – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Sanidin mengingatkan masyarakat agar tidak membakar lahan karena saat kemarau seperti ini, api mudah membesar.

“Saat ini kita sedang menghadapi kemarau. Kami imbau masyarakat hati-hati dalam menyalakan api. Jangan membuka lahan dengan cara dibakar,” kata Sanidin, Jumat, 23 Juni 2023.

Legislator dari daerah pilihan II meliputi Kecamatan Baamang dan Seranau ini mengingatkan hal itu khususnya bagi warga Seranau. Karena wilayah Kecamatan Seranau merupakan lahan gambut yang mudah terbakar.

Imbauan itu ia sampaikan dihadapan warga Kecamatan Seranau saat penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Rimba Makmur Utama dengan Pemerintah Desa dan Kelurahan se-kecamatan beberapa waktu lalu.

Dirinya juga sempat menghadiri apel gabungan siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Halaman Kantor BPBD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kamis, 22 Juni 2023.

“Saya yakin kalau masyarakat turut menjaga, tidak akan terjadi karhutla di Seranau,” tuturnya.

BMKG telah memperkirakan kemarau penjang tahun ini akibat el nino. Dia berharap Kecamatan Seranau khususnya dan Kabupaten Kotawaringin Timur pada umumnya tidak terjadi karhutla yang memberi dampak besar terhadap ekonomi dan kehidupan masyarakat.

“Saya yakin pemerintah daerah melalui dinas terkait juga sudah antisipasi. Tinggal bagaimana kerjasama masyarakat dalam menjaga lingkungan ini agar tidak terjadi kebakaran,” tutupnya. (ad)

error: Content is protected !!