Kenaikan Harga Beras Premium di Pasar Lokal Murung Raya Terjadi Tiap Bulan

Beras yang dijual Pedagang di pasar Jalan Tumenggung Silam, Minggu (25/2/2023).

PURUK CAHU, RAKYATKALTENG.com – Harga beras premium di sejumlah daerah terus terjadi kenaikan bahkan juga berlaku di Kabupaten Murung Raya (Mura).

Kenaikan harga beras tersebut tentunya banyak dikeluhkan masyarakat sebagai konsumen dikarenakan lonjakan kenaikan harga beras premium pada periode ini cukup tinggi terjadi tiap bulannya bahkan bisa terjadi setiap minggunya.

Menurut salah satu pedagang pasar lokal di Kota Puruk Cahu, Husaini mengatakan bahwa kenaikan harga beras premium terjadi bertahap hampir terjadi pada seluruh merk beras premium dari pulau Jawa.

“Hampir setiap hari naiknya dikisaran Rp 2.000 per Kilogram dari sales yang mengantarkan barang ke Kota Puruk Cahu dan rata-rata beras premium dari pulau Jawa yang terus mengalami kenaikan,” ungkap Husaini, Minggu (25/2/2024).

Sementara itu, belum lama ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya telah menyalurkan bantuan pangan yang bersumber dari program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dalam rangka pemberian bantuan pangan berupa beras tahap I tahun 2024.

“Pemberian bantuan pangan yang bersumber dari CPP sebagai salah satu upaya Pemkab Mura untuk mengatasi gejolak harga pangan dan kekurangan pangan,” ungkap Pj Sekretaris Daerah, Rudie Roy saat menghadiri launching penyaluran CPP di gedung Bulog Puruk Cahu.

Adapun pemberian bantuan CPP tahun 2024 ini, periode Januari dan Februari masing-masing akan disalurkan pada 4.984 jiwa dengan bantuan beras sebanyak 49.840 kilogram dengan sasaran penerima penyelenggaraan untuk masyarakat miskin dan kurang mampu. (USH/RK2)

error: Content is protected !!